Pertanyaan dan Sisinya

tanyaB

anyak hal di dunia ini yang belum diketahui, belum disadari, belum dimengerti dan sebagainya. Salah satunya adalah tentang sisi lain dari pertanyaan, mungkin aneh jika didengar. Akan tetapi, keanehan itulah yang justru menarik untuk dikaji lagi dengan lebih mendalam. Mungkin juga muncul pikiran kurang kerjaan dan sebagainya, itu adalah suatu hal yang wajar. Dan masih banyak kemungkinan lainnya, baik pro atau pun kontra, terhadap hal yang sedang dikaji. Kemudian, apakah Anda mengerti tentang apa yang disebut dengan pertanyaan itu? Pernah mencoba merasakan tentang manfaat dari adanya pertanyaan itu sendiri? Aku yakin Anda pasti pernah. Pertanyaan, adalah hal yang sering kita dengar sehari-hari. Jumlah pertanyaan yang diucapkan oleh orang-orang di seluruh dunia sampai detik ini pun tak terhitung.

Kemudian, apa pengertian dari pertanyaan itu sendiri, kapan pertanyaan itu ada? Mengenai pengertian pertanyaan itu, dari tiap orang, aku yakin pasti berbeda. Akan tetapi dilihat secara umum saja, yaitu suatu hal yang digunakan untuk mencari tahu atau mencari jawaban sebelum ke proses berikutnya. Lalu , mengenai kapan pertanyaan itu ada, adalah hal yang sangat misterius, yang jelas sangat lampau. Jika kita melihat pada perkembangan fisik seorang manusia, pertanyaan tentu muncul pada diri manusia itu sejak dia lahir di bumi ini. Apapun bentuk dari pertanyaan yang ia lontarkan entah itu berupa tangisan, gerakan, mimik wajah, dan sebagainya. Yang jelas maksud yang ingin diungkapkan oleh seorang anak tersebut adalah dapat berupa pertanyaan.

Pertanyaan adalah hal yang sering kali digunakan dalam dunia pendidikan. Ketika guru sedang mengajar, memberi tugas, atau mengetes para siswanya. Ketika musim ujian tiba, pertanyaan adalah salah satu yang harus dimiliki oleh sebuah kumpulan soal. Di dalam dunia pendidikan pula, pertanyaan itu diajarkan. Khususnya dalam pelajaran bahasa. Dan kemudian proses pendidikan pun dapat berlangsung. Dan kehidupan manusia pada umumnya dalam menghadapi segala permasalahan yang ada.

Banyak kebingungan dalam diri kita yang tak terselesaikan, kemudian kita pasti mengungkapkan sebuah pertanyaan atau lebih pada diri sendiri atau orang lain. Kemudian jawaban pun ditemukan dan walaupun jawaban itu salah atau benar dan disadari atau tidak, kebingungan telah berkurang atau menghilang untuk sejenak atau sebaliknya. Ketika melihat masalah di atas, dapat disimpulkan bahwa untuk memecahkan sesuatu, satu-satunya cara yang bisa dilakukan oleh diri sendiri atau dari dalam diri kita sendiri untuk memecahkannya adalah dengan bertanya, bertanya, dan? Namun itu hanyalah beberapa contoh saja.

Realita di lapangan? Seorang jurnalis akan banyak bertanya pada narasumber mengenai informasi atau data-data tertentu yang diinginkannya, dengan begitu layanan berita di berbagai media pun dapat berjalan. Seorang penyidik yang sedang melakukan tugasnya, akan membuat pertanyaan tentang kasus-kasus yang sedang ia hadapi. Tidak hanya sekedar mencari jawaban, ternyata pertanyaan juga bisa membangkitkan semangat seseorang, bisa juga disebut penyemangat. Seperti ketika seorang murid yang  belajar di sekolah, pertanyaan yang muncul adalah siapa kamu? Jawabannya adalah pelajar, apa tugasmu? Belajar,dan sebagainya. Namun sayang, rupanya tidak banyak orang menyadarinya.

Mungkin ketika Anda membaca artikel di atas muncul pikiran-pikiran dan salah satunya adalah pertanyaan. Jika memang ada, jangan lupa untuk memberi komentar. Karena kritik dan saran adalah salah satu hal yang penting bagiku.

One thought on “Pertanyaan dan Sisinya

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s