Jepang, Rusia, dan Inspirasi Bagi Para Pejuang Di Negeri Terjajah

Rusia

Adalah Negara terluas di dunia, dengan luas mencapai 17.075.400 km² atau kurang lebih dua kali luas wilayah Republik Rakyat Cina(RRC), Amerika Serikat, atau Kanada. Jumlah penduduk menempati peringkat ketujuh dunia terbanyak setelah Tiongkok, India, Amerika Serikat, Indonesia, Brasil, dan Pakistan. Populasi mencapai angka 140,041,247 per Juli 2009. Secara geografis Negara ini terletak di dua benua, yakni Asia dan Eropa, khususnya Eropa Timur. Dahulu Rusia merupakan Negara bagian dari Uni Soviet dan Rusia adalah pewaris utamanya karena memiliki banyak asset dari Uni Soviet yang dulu merupakan salah satu negara adidaya.

Tahun 1237 Rusia pernah ditaklukkan oleh Batu Khan, cucu Genghis Khan. Selanjutnya bangsa Mongol dikalahkan oleh Dimitri Donskoy pada tahun 1380 dengan kemenangan di Kulikovo. Kemudian daerah-daerah yang tercerai berai disatukan kembali oleh Ivan IV; ia menaklukan Kazan (1552), Astrakhan (1516) serta menguasai Siberia.

  • Etnis-Rusia: Rusia 79.8%, Tartar 3.8%, Ukrainia 2%, Bashkir 1.2%, Chuvash 1.1%, lain-lain 12.1% (sensus 2002)

  • Jepang

    Wilayahnya terdiri atas kepulauan dan menyebabkan Jepang menjadi salah satu Negara kepulauan di dunia selain Indonesia. Luas wilayahnya mencapai 377,873 km² dan menempati urutan yang keenam puluh dua. Secara geografis terletak di Asia bagian Timur dan berbatasan langsung dengan RRC, Korea, dan Rusia. Populasi penduduk mecapai 127,078,679 jiwa pada tahun 2009. Dalam perdagangan luar negeri, Jepang berada di peringkat ke-4 negara pengekspor terbesar dan peringkat ke-6 negara pengimpor terbesar di dunia.

    Pada masa Keshogunan Kamakura Jepang berhasil menahan serangan Mongol dari wilayah Cina sebanyak dua kali serangan, yaitu pada tahun 1274 dan 1281. Meskipun secara politik terbilang stabil, Keshogunan Kamakura akhirnya digulingkan oleh Kaisar Go-Daigo yang memulihkan kekuasaan di tangan kaisar.

  • Etnis-Jepang: Jepang 98.5%, Korea 0.5%, Cina 0.4%, lain-lain 0.6%; kebanyakan dari etnis tersebut adalah bangsa kulit kuning.

  • Apakah Kaitan Rusia-Jepang Dalam Perang Dunia dengan Semangat Para Pejuang Di Negeri Yang Terjajah?

    Pada permulaan abad ke-19 banyak bangsa Barat (Eropa) yang berkelana mencari rempah-rempah dan sumber daya lainnya di negara-negara di benua Afrika dan Asia. Mereka melakukan imperialisme dan koloniasme untuk mendapatkan apa yang diinginkan.Awal abad 20 atau tepatnya tahun 1904-1905 terjadi perang yang melibatkan Jepang dan Rusia. Tahun 1905 merupakan perang yang terakhir di antara keduanya, dengan hasil Jepang mampu mengalahkan Rusia. Hasil peperangan ini telah menghapus anggapan bahwa bangsa kulit kuning atau sawo matang maupun hitam tidak bisa mengalahkan bangsa kulit putih (Eropa). Dengan demikian telah memupuk semangat para pejuang-pejuang di negara-negara yang terjajah untuk terus membela negaranya dari segala bentuk penjajahan.

    2 thoughts on “Jepang, Rusia, dan Inspirasi Bagi Para Pejuang Di Negeri Terjajah

    Leave a Reply

    Fill in your details below or click an icon to log in:

    WordPress.com Logo

    You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

    Twitter picture

    You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

    Facebook photo

    You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

    Google+ photo

    You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

    Connecting to %s