Review LRB

LRB yang dibuat di sekitar lahan yang sering digenangi oleh air hujan terbukti mampu mempercepat proses peresapan air, baik secara vertikal maupun horisontal. Hal ini ditandai dengan berkurangnya jumlah genangan air hujan di lahan tersebut dengan curah hujan yang kurang lebih sama. Jika genangan air berkurang, itu berarti sanitasi lingkungan sekitar pun juga lebih baik. Di sisi lain, air dari genangan tersebut yang mungkin akan segera mengalami evaporasi, karena adanya LRB, air tersebut akan segera masuk ke dalam tanah dan tersimpan sebagai cadangan air tanah. Dan jika LRB itu dibuat di sekitar daerah yang memiliki kemiringan, maka air yang seharusnya mengalir ke hilir pun akan masuk ke dalam tanah dan tersimpan sebagai cadangan air tanah. Dengan demikian, muka air sumur pun tidak semakin dalam dan ketersediaan cadangan air tanah pun terjamin.

Tidak hanya menjamin ketersediaan air tanah, lubang resapan biopori juga mampu mencegah terjadinya degradasi lahan atau penurunan kualitas maupun perusakan lahan (tanah). Bukan hanya sekedar lubang yang kosong, namun di dalamnya diisi dengan sampah organik. Dalam prosesnya, sampah tersebut akan diuraikan oleh aktivitas mikroorganisme dalam tanah yang akhirnya menghasilkan suatu kondisi tanah yang lebih baik (subur). Sehingga terbukti bahwa lubang resapan biopori mampu mencegah degradasi lahan.

Dapat disimpulkan bahwa lubang resapan biopori memiliki multiguna. Termasuk usaha konservasi air, pencegahan degradasi lahan (rusaknya kualitas tanah) dan ternyata mampu meningkatkan perekonomian masyarakat. Dalam hal ini, yang dimaksud adalah bahwa dengan membuat lubang resapan biopori, setiap 6 bulan sekali masyarakat akan mendapatkan pupuk kompos yang kemudian dapat dijual (agribisnis perkotaan). Yang pada akhirnya juga, pupuk tersebut dapat digunakan dalam usaha konservasi air, lahan, dan penghijauan.

  • Pertama kali diperkenalkan oleh Kamir R. Brata, staf Departemen Ilmu Tanah dan Sumber Daya Lahan, Institut Pertanian Bogor.
  • Leave a Reply

    Fill in your details below or click an icon to log in:

    WordPress.com Logo

    You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

    Twitter picture

    You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

    Facebook photo

    You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

    Google+ photo

    You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

    Connecting to %s