Menjaga Keamanan PC Anda dengan Folder Autoplay

Salah satu cara menangkal penyebaran virus melalui flashdisk adalah dengan membuat folder autorun.inf. Lalu bagaimana cara bekerjanya? Sebelum mengetahui cara bekerjanya, lebih baik kita lihat terlebih dahulu apa sebenarnya autorun atau autoplay itu?
Autorun atau autoplay merupakan fasilitas di sistem operasi yang berfungsi menjalankan file secara otomatis ketika media seperti CD-ROM, DVD-ROM, Flashdisk dan lainnya di masukkan/pasang di komputer. Sehingga ketika berbagai media tersebut dimasukkan, tanpa kita menjalankan apapun, ada program yang akan otomatis berjalan sendiri. Fitur ini biasa dimanfaatkan dalam CD Driver yang disertakan ketika membeli motherboard / VGA. Tetapi saat ini tidak dipungkiri malah dimanfaatkan sebagai media penyebar virus, terutama melalui flashdisk.(sumber: http://ebsoft.web.id/2008/10/25/mengenal-lebih-dekat-autorun-inf/ , tanpa perubahan)
Sehingga, autorun.inf bekerja layaknya jembatan, yaitu sarana bagi virus untuk menyebar ke komputer dari sebuah flashdisk. Sebelum melakukan infeksi ke suatu komputer, sebuah virus terlebih dahulu membuat file dengan nama autorun.inf. Yang tidak lain tujuannya adalah agar virus tersebut dapat dengan mudah menyebar ke suatu komputer.
Nah, dari sini untuk mengakali aktivitas virus tersebut, sebaiknya kita sebagai pemakai flashdisk agar membuat suatu file(folder) yang bernama autorun.inf di dalam flashdisk. Dengan demikian, sistem komputer pun tidak akan membiarkan adanya dua file sejenis yang bernama sama. Dan virus pun tidak dapat membuat autorun.inf yang nantinya dijadikan sebagai media penyebarannya.
Perlu diperhatikan, bahwa kebanyakan flashdisk yang si penggunanya menggunakan windows, pada flashdisknya biasanya telah terdapat file autorun.inf. Sehingga, akan muncul larangan pembuatan folder berjudul autorun.inf, karena telah ada file yang memiliki kesamaan nama. Salah satu cara untuk menyiasatinya adalah dengan memformat flashdisk, namun sebelumnya buat data backup agar tidak ada file yang hilang.
Antivirus seperti Avira cenderung memberikan peringatan saat mengetahui file bernama autorun ini. Namun abaikan saja!!!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s