Muslimah Berbahagialah

Muslimah, berikut ini beberapa dalil dalam Al-Quran tentang kedudukan seorang wanita. Beginilah sedikit gambaran seorang wanita dalam ajaran Islam yang terdapat dalam kitab suci yang tak ada keraguan di dalamnya.

LAKI-LAKI TIDAK SAMA DENGAN PEREMPUAN
36. Maka tatkala isteri ‘Imran melahirkan anaknya, diapun berkata: “Ya Tuhanku, sesunguhnya aku melahirkannya seorang anak perempuan; dan Allah lebih mengetahui apa yang dilahirkannya itu; dan anak laki-laki tidaklah seperti anak perempuan.
Sesungguhnya aku telah menamai dia Maryam dan aku mohon perlindungan untuknya serta anak-anak keturunannya kepada (pemeliharaan) Engkau daripada syaitan yang terkutuk.”
Ali ‘Imran (3)
LAKI-LAKI ITU PELINDUNG PEREMPUAN
34. Kaum laki-laki itu adalah pemimpin bagi kaum wanita, oleh karena Allah telah melebihkan sebahagian mereka (laki-laki) atas sebahagian yang lain (wanita), dan karena mereka (laki-laki) telah menafkahkan sebagian dari harta mereka. Sebab itu maka wanita yang saleh, ialah yang taat kepada Allah lagi memelihara diri[289] ketika suaminya tidak ada, oleh karena Allah telah memelihara (mereka)[290]. Wanita-wanita yang kamu khawatirkan nusyuznya[291], maka nasehatilah mereka dan pisahkanlah mereka di tempat tidur mereka, dan pukullah mereka. Kemudian jika mereka mentaatimu, maka janganlah kamu mencari-cari jalan untuk menyusahkannya[292]. Sesungguhnya Allah Maha Tinggi lagi Maha Besar.
[289]. Maksudnya: Tidak berlaku curang serta memelihara rahasia dan harta suaminya.
[290]. Maksudnya: Allah telah mewajibkan kepada suami untuk mempergauli isterinya dengan baik.
[291]. Nusyuz: yaitu meninggalkan kewajiban bersuami isteri. Nusyuz dari pihak isteri seperti meninggalkan rumah tanpa izin suaminya.
[292]. Maksudnya: untuk memberi pelajaran kepada isteri yang dikhawatirkan pembangkangannya haruslah mula-mula diberi nasehat, bila nasehat tidak bermanfaat barulah dipisahkan dari tempat tidur mereka, bila tidak bermanfaat juga barulah dibolehkan memukul mereka dengan pukulan yang tidak meninggalkan bekas. Bila cara pertama telah ada manfaatnya janganlah dijalankan cara yang lain dan seterusnya.
An Nisaa’ (4)
LAKI-LAKI YANG BAIK UNTUK PEREMPUAN YANG BAIK
26. Wanita-wanita yang keji adalah untuk laki-laki yang keji, dan laki-laki yang keji adalah buat wanita-wanita yang keji (pula), dan wanita-wanita yang baik adalah untuk laki-laki yang baik dan laki-laki yang baik adalah untuk wanita-wanita yang baik (pula). Mereka (yang dituduh) itu bersih dari apa yang dituduhkan oleh mereka (yang menuduh itu). Bagi mereka ampunan dan rezki yang mulia (surga)[1034].
[1034]. Ayat ini menunjukkan kesucian ‘Aisyah r.a. dan Shafwan dari segala tuduhan yang ditujukan kepada mereka. Rasulullah adalah orang yang
paling baik maka pastilah wanita yang baik pula yang menjadi istri beliau.
An Nuur (24)
KEHARUSAN WANITA PAKAI JILBAB BILA BERADA DILUAR RUMAH
59.Hai Nabi, katakanlah kepada isteri-isterimu, anak-anak perempuanmu dan isteri-isteri orang mukmin: “Hendaklah mereka mengulurkan jilbabnya [1232] ke seluruh tubuh mereka.” Yang demikian itu supaya mereka lebih mudah untuk dikenal, karena itu mereka tidak di ganggu. Dan Allah adalah Maha Pengampun lagi Maha Penyayang.
[1232]. Jilbab ialah sejenis baju kurung yang lapang yang dapat menutup kepala, muka dan dada.
Al Ahzab (33)
31. Katakanlah kepada wanita yang beriman: “Hendaklah mereka menahan pandangannya, dan kemaluannya, dan janganlah mereka menampakkan perhiasannya, kecuali yang (biasa) nampak dari padanya. Dan hendaklah mereka menutupkan kain kudung kedadanya, dan janganlah menampakkan perhiasannya kecuali kepada suami mereka, atau ayah mereka, atau ayah suami mereka, atau putera-putera mereka, atau putera-putera suami mereka, atau saudara-saudara laki-laki mereka, atau putera-putera saudara lelaki mereka, atau putera-putera saudara perempuan mereka, atau wanita-wanita islam, atau budak-budak yang mereka miliki, atau pelayan-pelayan laki-laki yang tidak mempunyai keinginan (terhadap wanita) atau anak-anak yang belum mengerti tentang aurat wanita. Dan janganlah mereka memukulkan kakinyua agar diketahui perhiasan yang mereka sembunyikan. Dan bertaubatlah kamu sekalian kepada Allah, hai orang-orang yang beriman supaya kamu beruntung.
An Nuur (24)

Di bawah ini nasihat seorang juara dunia tinju, Muhammad Ali tentang berjilbab kepada putrinya.

Nasihat Muhammad Ali pada Putrinya, Hana

Muhammad Ali adalah sosok petinju yang disegani pada masanya. Pria yang awalnya memiliki nama Cassius Marcellus Clay, Jr tersebut, lahir pada 17 Januari 1942 di Louisville, Kentucky, Amerika Serikat. Namanya cukup dipuja sebagai petinju papan atas. Semasa karir bertinju, dia telah mengantongi tiga gelar juara dunia tinju kelas berat (World Heavyweight Champion). Dia pun dijuluki Sportsman of The Century oleh Sport Illustrated pada tahun 1999.

Hingga akhirnya, hidayah pun datang padanya. Muhammad Ali tergerak hatinya untuk memeluk Islam sunni pada tahun 1975. Dia sangat konsisten mempelajari danmendalami Islam sekalipun menderita disleksia. Dia mengalami kesulitan untuk fokus dalam membaca. Namun, dengan semangatnya yang tinggi, Ali akhirnya bisa membaca Quran dan literatur Islam dengan baik. Saat sudah konsen belajar Islam, dia bisa menghabiskan waktu berjam-jam.

Muhammad Ali juga seorang ayah teladan yang berkeinginan kuat menanamkan Islam dengan baik di keluarganya. Salah satunya adalah seperti yang dirasakan salah seorang putrinya, Hana. Kala itu putri Ali, Hana dan Laila, pulang dari berpergian bersama sopir keluarga. Mereka bertiga lantas masuk rumah dan menuju ruang Ali. Sudah menjadi kebiasaan Ali untuk bersembunyi di balik pintu, lalu becanda dengan mengagetkan anak-anaknya itu. Ali dan kedua putrinya lantas berpelukan, dan Ali mencium mereka.

Namun, Ali melihat ada yang “kurang beres” dengan Hana. Dilihatnya saat itu, Hana mengenakan pakaian kurang sopan. Melihat hal tersebut, Ali lalu mengajak mereka berdua untuk berbincang. Ditatapnya wajah Hana dengan pandangan serius, tapi tetap teduh layaknya seorang ayah.

“Hana, segala sesuatu ciptaan Tuhan yang berharga di dunia ini selalu tertutup dan sulit untuk mendapatkannya. Di mana kamu dapat menemukan berlian? Jauh di bawah tanah, terutup, dan terlindungi. Di mana kamu dapat menemukan mutiara? Jauh di dalam dasar lautan, tertutup, dan terlindungi dalam sebuah kerang yang cantik. Di mana kamu akan menemukan emas? Menyusuri dalamnya tambang, tertutup tebal dengan berlapis-lapis batu. Kamu harus bekerja keras untuk bisa mendapatkannya,” tutur Ali pada Hana.

“Tubuhmu suci. Kamu jauh lebih berharga dari berlian dan mutiara, dan kamu mesti ditutupi juga,” lanjut Ali.

Inilah nasihat Ali yang benar-benar membekas pada Hana agar mengenakan pakaian tertutup atau jilbab dalam kesehariannya.
(sumber: http://www.muslimdaily.net/)

Penyanyi   : Nazrey Johani

Judul          : Muslimah

Sebuah lagu tentang seorang muslimah yang dinyanyikan oleh Nazrey Johani, mantan anggota grup nasyid Raihan yang kini bersolo karir.

Oh muslimah

Allah cinta kepadamu

Rasulullah kasih kepadamu

Oh muslimah

Berbahagialah kau telah dilahirkannya dengan mulia

Subhanallah

Tuhan telah berkati wanita yang cukup ilmu

Rendah hati

Oh muslimah

busanamu menutup rapi

auratmu kau lindungi dengan indahnya

Oh muslimah

kau rajin memuji

Islam kau jadikan ikutan sejati

Subhanallah

Tuhan telah berkati wanita yang cukup ilmu

Rendah hati

Oh muslimah

memandangmu menyejuk hati

menundukkan nafsu hati yang goyah

Keayuan wanita solehah indah peribadi

Tulus hatinya

Oh muslimah

Kecantikan yang sebenar

Pada tutur kata penuh berhikmah

Mempertahan kehormatan dirimu

dengan pakaian mentaati Allah

Oh muslimah

Kau masuk ke syurga

Solat lima waktu dan berpuasa

Menundukkan pandangan matamu

Mentaati suami yang tercinta

Oh muslimah

busanamu menutup rapi

auratmu kau lindungi dengan indahnya

Oh muslimah

kau rajin memuji

Islam kau jadikan ikutan sejati

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s