Mematahkan Anggapan Keliru Tentang Bangsa Barbar

NIM meminta supaya Presiden RI SBY bertindak jelas, tegas, dan keras terhadap tindakan barbar atas kekerasan dan penjarahan yang menimpa masyarakat Hindu Bali dan masyarakat lainnya yang ada di Sumbawa.

Sumber: http://www.metrotvnews.com/metronews/read/2013/01/24/6/125458/SBY-Diminta-Tegas-Tangani-Kerusuhan-Bernuansa-Sara

Mengingat Kebiadaban bangsa Barbar Zionist Israel

Sumber: http://www.globalmuslim.web.id/2011/05/mengingat-kebiadaban-bangsa-barbar.html

Maaf Malaysia, kami bukan bangsa barbar, bukan bangsa yang akan mudah kau pancing untuk mengibarkan bendera perang. Kesantunan, penuh perhitungan dan berpikir panjang adalah sikap yang diambil pemimpin kami untuk mengatasi kearogananmu. Begitulah sikap pemimpin yang arif dan bijaksana yang tidak terpancing oleh panasnya pemberitaan yang diumbar-umbar oleh media-media berita.

Sumber: http://joyhomework.wordpress.com/2010/09/01/maaf-malaysia-kami-bukan-bangsa-barbar/

Apakah Anda termasuk orang yang beranggapan bahwa perilaku kejam dan sadis itu identik dengan bangsa Barbar?

Dulu saya juga beranggapan demikian, namun setelah mengetahui sosok Thariq bin Ziyad (penakluk Andalusia atau Spanyol) yang ternyata seorang putra bangsa Barbar, sejak itu patahlah anggapan tersebut. Tambah yakin dengan patahnya anggapan tersebut ini ada salah satu program yang Alhamdulillah didokumentasikan ke dalam situs resminya.

Musafir

EPISODE: 18072013

Barbar Penyelamat Islam Di Eropa

http://www.mytrans.com/video/2013/07/26/50/7/142/12082/barbar-penyelamat-islam-di-eropa

Marakesh, merupakan kota terbesar ketiga di Maroko. Kota ini juga disebut sebagai mutiara dari  selatan, dimana terdapat jejak-jejak peradaban Islam yang sangat maju, yang dibangun oleh Muslim Suku Barbar. Dari suku ini pula lahir beberapa nama yang berhasil mencetak sejarah perjuangan Islam pertama di Eropa, serta dibidang ilmu pengetahuan. Hal tersebut mematahkan anggapan orang, bahwa Suku Barbar adalah suku yang primitif dan tidak berperadaban. Lalu, bagaimana dengan perkembangan Muslim Suku Barbar saat ini? Simak penelusurannya di Musafir berikut.”

Di program ini dijelaskan bagaimana bangsa Barbar yang tinggal di Maroko (Maghribi) tepatnya di kota Marakesh yang menjadi tempat tumbuhnya perkembangan peradaban bangsa Barbar yang memiliki kemajuan dalam bidang teknologi dan arsitekturnya yang masih bisa dilihat di kota terbesar ketiga di Maroko tersebut. Hal ini tentu mematahkan juga anggapan tentang mereka sebagai bangsa yang terbelakang.

Penduduk asli Maroko (Barbar) juga sempat ditemui dan mereka masih memiliki sifat keramahan yang tentunya hal ini menggambarkan bagaimana saat itu Islam bisa diterima dengan mudah oleh bangsa Barbar keramahannya.

Yang tak disangka juga ternyata seorang Ibnu Battutah yang terkenal karena pernah berkeliling dunia (tidak hanya keliling saja sebenarnya J) ternyata juga berasal dari bangsa ini. Luar biasa ya……

Lantas siapakah opnum atau kelompok atau golongan yang telah memelintirkan dan membentuk anggapan yang keliru tentang bangsa Barbar ini ya? Memang hal seperti ini adalah satu hal yang sering ditemui dalam sejarah, beberapa ada yang diuntungkan dan ada juga yang dirugikan. Jadi buat yang belajar sejarah (anak sekolah) memang pelajaran satu ini jangan terlalu diyakini deh apa yang ada di dalam buku, karena sejarah yang berkembang saat ini beberapa juga sudah dipelintirkan😀

Atau bisa jadi kesalahpahaman penggunaan istilah mungkin saja (mencoba mencermati

English: Map of Spain with Andalusia highlight...

English: Map of Spain with Andalusia highlighted. Español: Localización de Andalucía respecto a España. (Photo credit: Wikipedia)

:))

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s