Motivasi oleh Imam As syafii

بسم الله الرحمن الرحيم

Motivasi oleh Imam As syafii

Jogja, 6 Ramadhan 1435 H

ditulis dalam suasana hijau (keseimbangan antara kekuatan merah yang begitu bersemangat dengan ketenangan biru, harmonisasi, simpati dan ketakziman cinta InsyaaAllah)

Imam syafi’i yang seorang yatim, miskin, yang hanya mampu menulis diatas sisa-sisa kertas, tulang dan pelepah kurma namun segala keterbatasan tersebut tidak membuat beliau mengeluh, putus asa dan berdiam diri dari menuntut ilmu. Perjuangan yang tak kenal lelah itu telah menjadikan beliau sebagai seorang yang memiliki ilmu yang mendalam hingga akhirnya beliau menjadi Imam kaum Muslimin.

(KAJIAN ISLAM SUMENEP: SEMANGAT MENUNTUT ILMU Oleh Ali wafa Abu Sulthon http://kajianislamsumenep.blogspot.com/2010/11/semangat-menuntut-ilmu.html)

Saat berusia 9 tahun, beliau telah menghafal seluruh ayat Al Quran dengan lancar . Setahun kemudian, kitab Al Muwatha’ karangan Imam Malik yang berisikan 1.720 hadis pilihan juga dihafalnya di luar kepala, Imam Syafi’i juga menekuni bahasa dan sastra Arab di dusun badui bani hundail selama beberapa tahun, kemudian beliau kembali ke Mekkah dan belajar fiqh dari seorang ulama besar yang juga mufti kota Mekkah pada saat itu yaitu Imam Muslim bin Khalid Azzanni. Kecerdasannya inilah yang membuat dirinya dalam usia yang sangat muda (15 tahun) telah duduk di kursi mufti (orang yang berhak memberi fatwa) kota Mekkah, namun demikian Imam Syafi’i belum merasa puas menuntut ilmu karena semakin dalam beliau menekuni suatu ilmu, semakin banyak yang belum beliau mengerti, sehingga tidak mengherankan bila guru Imam Syafi’i begitu banyak jumlahnya sama dengan banyaknya para muridnya.

(Biografi Imam Syafi’i | Biografi Tokoh Dunia | Biografi dan Profil Tokoh Terkenal http://kolom-biografi.blogspot.com/2009/01/biografi-imam-syafii.html)

 

“Inspirasi: meskipun suatu ilmu pernah didengarnya, namun seolah-olah seperti baru pertama ia mendengarnya, karena setiap waktu akan ada hikmah yang berbeda meski pada satu bahasan yang sama”

 

*********

#CAHAYA

Berikut kutipan dari Imam Syafi’i tentang cahaya yang dalam Al Quran kata ini dijadikan nama surat yang ke 24 (An Nuur yang berarti Cahaya, diambil dari kata An Nuur yang terdapat pada ayat ke 35. Dalam ayat ini, Allah s.w.t. menjelaskan tentang Nuur Ilahi, yakni Al Quran yang mengandung petunjuk-petunjuk. Petunjuk-petunjuk Allah itu, merupakan cahaya yang terang benderang menerangi alam semesta. Surat ini sebagian besar isinya memuat petunjuk- petunjuk Allah yang berhubungan dengan soal kemasyarakatan dan rumah tangga).

<[]>vAku melapor kepada Waki‘ perihal hapalanku yang buruk, ia lantas memberiku saran untuk meninggalkan kemaksiatan, ia memberi tahuku bahwa ilmu adalah cahaya, dan cahaya Allah tak diberikan kepada pelaku kemaksiatan

*********

#SyairMERANTAU|AKSI

<![]>v  Orang yang cerdas dan bijak tak kenal mematung diam; tinggalkan kampungmu dan lakukan perjalanan!!!

<![]>v  Hijrahlah; pasti kau temukan ganti orang yang pernah kau kawani!

<![]>v  Kuamati air jika menggenang akan merusak dirinya sendiri; jika mengalir menjadi baik; kalaulah tidak, akan membusuk

<![]>v  Sang singa kalaulah tak meninggalkan hutan ia tak berburu mangsa

<![]>v  Dan anak panah kalau tak meninggalkan busurnya, tak bakal mengenai sasaran

<![]>vKalaulah matahari terus di tempat, manusia Arab dan non Arab tentulah bosan

<![]>v  Kalaulah bulan purnama tak pernah terbenam, mata yang mengintai tak pernah melihatnya setiap kala

<![]>v  Intan hanyalah onggokan tanah jika masih terpendam dalam kawah

<![]>v  Dan tongkat hanyalah sebatang kayu jika masih berupa batang pohon

<![]>v  Kalaulah seseorang mau mengembara, pencariannya berakhir mulia, namun jika hanya mematung diam, tak bakalan meningkat

<![]>vKalaulah hatimu terasa muak di satu negeri; lakukan perjalanan, kau temukan tanah pengharapan

<![]>v Aku heran kepada orang-orang yang hanya diam terlunta-lunta di satu kampung

<![]>v  Padahal tanah Allah berpenjuru luas. Dan itulah manusia yang akalnya dalam keterpicikan

(GORESAN KATA MOTIVASI ISLAMI: Kata Mutiara Super Dahsyat Terinspirasi dari orang-orang shalih yang Akan Melejitkan Semangat Hidup Anda!, Pendakian III; Misteri Gerak, Bertindak & Karya oleh Muhammad Azhar)

 

 

Tak seorangpun mengetahui
berbagai nikmat yang menanti, yang indah dipandang sebagai balasan bagi mereka, atas apa yang mereka
kerjakan.

QS 32:17

 

Penuhi bit memori komputer dengan artikel bermanfaat!!!

 

الحمد لله رب العلمين

 

 


 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s