Pesta :D

Belum lama ini ada dua kejadian yang secara bersamaan terjadi, pelantikan presiden yang kemudian dilanjutkan dengan pesta rakyat (sebagian dari rakyat) dan  bersamaan dengan padamnya listrik di beberapa wilayah di pulau Jawa tepat pada waktu beban puncak dimulai pada sekitar pukul 17.00 WIB.

 

” “I have nothing to write about” is always false statement”

-wordprees.com-

 

Hari ini kita dihadapkan dengan satu masalah pada dua hal yang saling dipertemukan yakni energi dan lingkungan, maka dari itu muncullah kondisi tingginya  biaya  bahan  bakar (krisis energi)  dan  semakin  ketatnya  regulasi  emisi  gas  polutan yang  ‘seharusnya’ meningkatkan kesadaran untuk menjaga efisiensi sistem.

 

Suatu kegiatan yang melibatkan sekumpulan orang banyak di jalanan dengan kebiasaan kultur seseorang di suatu daerah akan sangat terlihat saat itu. Kebiasaan buang sampah: sembarangan atau pada tempatnya; cara bersenang-senang: bernyanyi, menari; berkhalwat-ikhtilat; jajan; level hedon dll.

 

Hasil dari proses pemilihan pemimpin yang didasarkaan pada suara terbanyak (mayoritas atau kebanyakan) oleh ‘rakyat’ secara langsung adalah bagian dari rentetan panjang efek dari===> Dalam teori demokrasi, media massa, baik cetak maupun elektronik merupakan ‘wilayah demokrasi’ (pilar demokrasi) keempat, disamping tiga ‘wilayah demokrasi’ lainnya, yaitu legislatif, eksekutif dan yudikatif. Bahkan Edmund Burke (1729-1797) menyatakan bahwa wilayah keempat ‘lebih penting’ dibandingkan semuanya. (Agenda Mendesak Bangsa: Selamatkan Indonesia oleh Mohammad Amien Rais bab media massa hal 115)

 

Menjadi gubernur di ibu kota yang boleh jadi merupakan representasi dari Indonesia kecil (TMII juga ada disana memang :)) ) merupakan uji sistem sebagai sebuah prototipe yang implementasinya sebenarnya untuk wilayah yang lebih luas, yakni Indonesia sebagai negara (atau batu loncatan, lebih tepatnya).

 

Suatu kegiatan yang penuh dengan kegembiraan atas terpilihnya seorang pemimpin yang disiarkan oleh  media massa tentu memberikan ‘kesan mendalam’ akan adanya harapan (new hope) atas kekuatan baru (force) yang ditunggu-tunggu untuk membawa menuju Indonesia dengan rakyatnya yang sejahtera.

 

Kemacetan, putar balik arah hingga menempuh jarak yang lebih jauh (pemborosan) & produksi emisi secara langsung. Sementara itu di lain tempat, salah satu pembangkit mengalami kegagalan sehingga berhenti beroperasi untuk beberapa saat dan blackout untuk sebagian wilayah Jawa.

Tak lepas dari seremoni kampanye di awal tahun 2014, terbayang kisah fathul Makkah yang saat itu adalah merupakan puncak dari dakwah Rasulullah SAW dalam berdakwah yang kemudian menjadi asbabun nuzul surat an nashr. Umat Islam memperoleh kemenangan, kota Mekah kini menjadi tempat bagi umat Muslim, tapi apa yang Allah perintahkan saat memperoleh kemenangan itu bukanlah pesta, yang Allah perintahkan adalah bertasbih dan memohon ampun (taubat) kepada-Nya…!!!. Orang yang mendapat kemenangan itu diperintahkan untuk taubat!!!.

Begitu indahnya jika ini juga terjadi pada fathul Jakarta, ….tapi mungkin ini lah keistimewaan kota suci Mekkah…..beda dengan kota-kota lainnya. Cara fathulnya saja beda😀 perayaan fathulnya juga beda, beda kota beda waktu beda orang😀 (atau mungkin keduanya tidak tepat di persandingkan???)

 

Anda sebagai presiden, pemimpin yang topik umumnya politik adalah topik yang penting pada setiap portal berita dan sering menjadi trending topic atau lebih populer dari yang lain karena efeknya yang luar biasa. Dan sudah menjadi barang yang lumrah untuk mengawasi dan mengetahui setiap tindakan pemimpin karena lagi-lagi efek dari setiap kebijakannya yang besar pada berbagai aspek. Dan mohon maaf,  saya pernah berprasangka buruk dengan mengatakan setelah menjabat gubernur akan mencalon presiden dan meninggalkan Jakarta pada wakil yang sama-sama non seperti di Solo (dan benar terjadi :)), dan ketika terpilih jadi presiden terpikir rakyat yang memilih akan kecewa.

Mengingat besarya efek dari setiap kebijakan pemimpin bagi negri ini…. , setiap waktu biasa engkau berdoa di waktu yang tepat dan tempat yang tepat jika memungkinkan, luangkan untuk sebut ia dalam doa…..!

Dari ‘Abdush Shomad bin Yazid Al Baghdadiy, ia berkata bahwa ia pernah mendengar Fudhail bin ‘Iyadh ( ulama senior di kalangan tabi’in, sekaligus dikenal sebagi ahli ibadah yang zuhud From <http://www.eramuslim.com/profil/kisah-taubatnya-ulama-fudhail-bin-iyadh.htm#.VMEMD2MSxKU> )

 

berkata,

لو أن لي دعوة مستجابة ما صيرتها الا في الامام

“Seandainya aku memiliki doa yang mustajab, aku akan tujukan doa tersebut pada pemimpinku.”

Ada yang bertanya pada Fudhail, “Kenapa bisa begitu?” Ia menjawab, “Jika aku tujukan doa tersebut pada diriku saja, maka itu hanya bermanfaat untukku. Namun jika aku tujukan untuk pemimpinku, maka rakyat dan negara akan menjadi baik.” (Hilyatul Auliya’ karya Abu Nu’aim Al Ashfahaniy, 8: 77, Darul Ihya’ At Turots Al ‘Iroqiy) From <http://rumaysho.com/jalan-kebenaran/doa-untuk-pemimpin-negeri-7206>

One thought on “Pesta :D

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s