Tentang Riba

Copas dari grup WA, mudah-mudahan bermanfaatdeskripsi link

*HIDUP DIKEPUNG RIBA TAPI KITA TIDAK MENYADARINYA*

🎙Saptuari Sugiharto
السَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللّهِ وَبَرَكَاتُهُ
Pengajian MS, selasa 31/0🕌Maskam UGM by Saptuari Sugiharto & Samsul Arifin

RIBA 👉 semua utang yg menghasilkan manfaat itu riba.

Jika utang 1000 & hrs kembalikan 1.200 maka yg 200 itu RIBA.
📋Fatwa MUI no 1 th 2004

*HARAMNYA BUNGA* dlm praktek bank -asuransi – leasing – pasar modal – koperasi – individual (rentenir).
Sdh diharamkan tp kok msh ada?

👉Karena ulama tdk memegang kekuasaan.

👉Tidak ada tempat di TV u ustadz yg ahli fiqh muamalah.
*ANCAMAN DOSA RIBA*

🔅 _”Rasulullah melaknat pemakan riba (rentenir), penyetor riba (nasabah), penulis transaksi (sekretaris) & 2 saksi yg menyaksikan. Mereka semuanya sama dlm dosa.”_ (HR. Muslim)

👉DILAKNAT OLEH RASULULLAH
🔅Abu Hurairah: _”Riba adalah 73 dosa, yg paling ringan berzina dg ibunya.”_ (HR. Ibn Majah)
🔅 _”1 dirham riba yg dimakan dlm keadaan dia mengetahuinya lbh buruk drpd 36x berzina.”_
🔅 _”Siapapun yg memperbanyak hartanya dr riba maka ujung akhir urusannya adalah kemiskinan.”_ (HR. Ibnu majah 2365)
🔅 _”Jauhi 7 perkara yg menghancurkan, salah satunya riba.”_
Bisnis itu bukan hanya ttg *LABA-RUGI* tapi *SURGA-NERAKA*
👹Ketika pelaku riba selama 6th dijewer beruntun tetep ngeyel…

👉itu bukan UJIAN tp *ADZAB!!!*
Alasan berhijrah 👉 *SAYA TAKUT PADA ALLAH*
📖 *QS. Al Baqarah 276*

_”Allah memusnahkan riba dan menyuburkan sedekah. Dan Allah tidak menyukai setiap orang yang tetap dalam kekafiran, dan selalu berbuat dosa.”_
Makin Gemetar 👉 📖 *QS. Al Baqarah 279*

_”Maka jika kamu tidak mengerjakan (meninggalkan sisa riba), maka ketahuilah, bahwa Allah dan Rasul-Nya akan memerangimu. Dan jika kamu bertaubat (dari pengambilan riba), maka bagimu pokok hartamu; kamu tidak menganiaya dan tidak (pula) dianiaya.”_
Blm pernah Allah menantang perang kecuali pd *PELAKU RIBA.*
*KISAH MEREKA YG HIJRAH*

_”Sesungguhnya tidaklah engkau meninggalkan sesuatu karena Allah ‘Azza wa Jalla, kecuali Allah akan menggantikannya bagimu dengan yang lebih baik bagimu.”_ (HR. Ahmad)

♻Rezeki bukan bagaimana kamu bekerja tp bagaimana Allah memberikannya.
Org yg main riba seperti sakit gila. Bahkan seorang santri pun tdk bs menghindari riba.

📖 *QS. Al Baqarah 275*

_”Orang-orang yang makan (mengambil) riba tidak dapat berdiri melainkan seperti berdirinya orang yang kemasukan syaitan lantaran (tekanan) penyakit gila. Keadaan mereka yang demikian itu, adalah disebabkan mereka berkata (berpendapat), sesungguhnya jual beli itu sama dengan riba, padahal Allah telah menghalalkan jual beli dan mengharamkan riba. Orang-orang yang telah sampai kepadanya larangan dari Tuhannya, lalu terus berhenti (dari mengambil riba), maka baginya apa yang telah diambilnya dahulu (sebelum datang larangan); dan urusannya (terserah) kepada Allah. Orang yang kembali (mengambil riba), maka orang itu adalah penghuni-penghuni neraka; mereka kekal di dalamnya.”_
*BISAKAH HIDUP TANPA RIBA DI INDONESIA?*

_”Akan datang suatu zaman dimana manusia memakan riba, dan yang tidak memakannya, mereka terkena debunya.”_ (HR. Ahmad dan an-Nasa`i)
✈ *RIBA AIR* 👉 membawa tujuan ke ujung kehancuran.
*DIKEPUNG RIBA:*

🏡Rumahnya KPR

🚗Mobilnya leasing

💳Belanja pake KK

🏄Liburan pake KTA

💼Bisnisnya asuransi

:oKita selama ini telah menantang Allah tp ga sadar.
👊 *MELAWAN RIBA*

Di mulai dr diri sendiri.

Yg msh seneng leasing diingatkan: *Hidup Tanpa utang itu enak.*

Bantu para dhuafa yg terlibat rentenir.

Bank tdk mungkin ditutup tp bisa dibenahi akad2 nya.
💥 *INTROSPEKSI*

Hidupmu bermasalah?

👉Mungkin penyebabnya RIBA
🏃Tinggalkan riba Karena dosanya *ngeRIBAnget.*
☝Taat pd Allah, jgn menantang Allah.

💫Keajaiban akan muncul satu per satu.

:idea:Ikuti aturan Allah, Allah akan berikan jalan yg tak terduga.
*LANGKAH2 BEBAS UTANG & RIBA*
*1. Taubat*

Minta maaf pd Allah. Lalu ambil tindakan:

✂Potong Kartu Kredit (pintu godaan riba)

💰Jual asset sumber riba
*2. Berazam*

Bercita2 sampe mentok untuk meninggalkan riba.

🗃Kumpulkan smua jejak2 riba (potongan KK, dokumen utang bank, KPR, leasing, asuransi, dll) u pelajaran anak kita agar kelak tdk mainan riba.
*3. Perbaiki ibadah total*

Dl ibadah hanya sisa2 dr kesibukan.

Sekarang kejar ibadah 👉 sholat tepat waktu, sholat sunnah ditambah.

📖 *QS. Al Baqarah 153*

_”Hai orang-orang yang beriman, jadikanlah sabar dan shalat sebagai penolongmu, sesungguhnya Allah beserta orang-orang yang sabar.”_
*4. Perbanyak doa & dzikir*

Doanya 👉 *Allohumma inni ‘audzubika minal mahtsam wal maghrom*

_”Ya Allah aku berlindung dr dosa & jeratan utang.”_
Dzikirnya 👉 *Hasbunallah wa ni’mal wakil ni’mal maula wani’man nashir.*

_”Cukup bagiku Allah sebaik2 penolong & pelindungku.”_
*5. Naikkan pendapatan*

Kerja lbh giat, cari titik2 u meningkatkan pendapatan.
*6. Tunda kesenangan*

Fokus u melunasi semua utang dl.
*7. Blacklist diri sendiri*

Klo ada BI checking 👉 datangi bank minta keringanan agar bisa melunasi pokok hutangnya sj.

*Ya muqollibal qulub* 👉 hanya Allah yg sanggup membolak balikkan hati manusia. Atas ijin Allah bank akan bersedia.
*8. Perbanyak sedekah*

Klo ga punya utang, mau sedekah jd enteng.

_”Barang siapa yg ingin doanya terkabul & kesulitannya teratasi hendaklah dia menolong org yg dlm kesempitan.”_ (HR. Ahmad)
_”Allah akan bersama org yg berutang sampai dia melunasi hutangnya tsb.”_
_”Diantara manusia ada yg mengorbankan dirinya krn mencari ridlo Allah.”_
*MEA 2016* 👉 MEndekat Allah saja

☝Ikuti aturan Allah

☝Jgn jd ngeyellers
*PRODUK RIBA*
💳Kartu Kredit

KK walo dibayar lunas tetap ga boleh krn akadnya sdh riba (jika telat bayar kena denda).
🏦Bunga Bank

Uang riba/bunga bank yg didapat hanya boleh u sosial 👉 perbaiki jalan kampung dll ga boleh u sedekah.
♨MLM

Ada 12 syarat u dpt dikatakan MLM itu halal.

MLM yg ada ketentuan _Member get member_ haram krn menikmati hasil dr downline.
🚗Jual beli leasing

Harusnya Bank yg membeli kendaraan trus dijual ke nasabah. Tp prakteknya 👉 bank hanya mewakili/perantara antara dealer & nasabah.
🗂Asuransi

Asuransi ibaratnya seperti anjing yg menjilat ludahnya sendiri.

Jaman nabi 👉 ada kejadian dl. Jika ada yg sakit para sahabat baru mengadakan urunan u membantunya.
👳Ulama: *Semua asuransi akadnya batil.*
🐾🐾🐾🐾🐾🐾🐾🐾
*TABIAT BURUK UTANG*

🎙Samsul Arifin
Agar bahagia di dunia & masuk surga maka syaratnya *JANGAN PUNYA UTANG.*
🌍 *12 Tabiat Buruk Utang Di Dunia:*

1. Utang itu candu.

Utang baru bisa lepas klo 3 hal

💀Dibawa mati

↗Ada tekanan dr luar

🔄Ada kesadaran dr diri sendiri
👨PNS tdk pernah bw pulang SK nya. SK dijadikan jaminan bank trs menerus sampe mati.

👀Org klo utang biasanya tdk liat hrg barang tp liat brp cicilannya.
2. Jumlahnya bertambah & trs bertambah, sampe tdk bs bayar utang bahkan u membayar bunganya sj tdk mampu.

⚡KK trs bertambah limitnya, bertambah jumlah kartunya.

⚡Pebisnis plafon utangnya trs bertambah

⚡Negara bisa hancur krn utangnya trs bertambah

👉 Yunani bangkrut gara2 utang.

👉Indonesia saat merdeka sdh dijajah utang 67T.

Feb 2016 utangnya mjd 4.200T tanpa berdampak pd rakyatnya.

Pendidikan, infra struktur dll ga dirasakan rakyatnya.
3. Menambah beban kehidupan seseorang.

Utang bukan solusi tp menambah beban 👉 hr ini dpt utang bsk sdh hrs mengangsur.

Beban utang bukan hanya beban angs jg beban psikologis yg luar biasa.
4. Akan membuat gelisah pd mlm hari.

Sulit tidur krn mikir angsuran.
5. Membuat terhina pd siang hari

Tdk mau ketemu org yg ngutangi, ditelp teroris DC (Debt Collector).
_”Berhati-hatilah ketika kalian berutang, krn utang itu akan mendatangkan kegelisahan di malam hari & kehinaan di siang hari.”_ (HR. Imam Bukhari)
6. Jika menemui jalan buntu, org akan dusta klo bicara.

👉 Utang ke 1 bilang u anak sakit, utang ke 2 bilang u nenek meninggal dll.
7. Dia ingkar klo janji

Jika ditagih akan sering ingkar.
8. Akan mjd pelaku tindak kriminal

Org mencuri/korupsi gara2 punya utang.
9. Terjerumus pd syirik

Ada org yg ke gunung kawi, ke dukun dll demi utangnya lunas.
10. Akan mengganggu jalan hidupnya

👉 hilangnya kemesraan dlm keluarga (mudah marah pd anak)
11. Kehilangan fokus dlm hidupnya

Ga fokus usahanya, tiap hr hanya mikir tgl bayaran, mikir gmn caranya korupsi u bayar utang.

🌞 *Datangnya bln tagihan lbh panas drpd matahari.*
12. Akan semakin terpuruk, trs terpuruk
🔥 *5 Tabiat Buruk Di Akherat:*

1. Ga dpt syafaat/pembelaan dr Rasulullah saw. Syarat syafaat : _tdk punya utang._

Rasulullah saw tdk mw menyolatkan org yg mati yg punya utang.

2. Ruhnya akan mualaqqoh/terbelenggu.

3. Di akherat tdk ada dinar & dirham maka utangnya akan dibayar dg amal sholih.

4. Ketika amal sholihnya tdk cukup maka dosa2 si piutang akan ditimpukkan pd si pengutang.

5. Tdk akan msk surga walopun mati syahid.
🌪 *Ternyata utang piutang saat ini smuanya ada ribanya.*
#SalingMengingatkan

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s